Ubuntu Dipilih Jadi OS Standar Nasional China

Dimuat Oleh Rasma Adhi Minggu, 24 Maret 2013 0 komentar
Ubuntu Kylin jadi OS standar di cina
Singa api-Simbol Ubuntu Kylin.
gambar diambil dari situs 
www.extremetech.com
Sebagaimana di umumkan pada situs Canonical, Departemen Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina (MII) dikabarkan telah mendefinisikan referensi sebuah arsitektur baru yang nantinya digunakan sebagai sistem operasi standar di Cina.

Pada sebuah acara yang berlangsung pada 21 maret di beijing, Pusat Promosi Software dan Chip Terpadu Cina (CSIP) mengumumkan sebuah referensi arsitektur baru untuk sistem operasi di Cina. CSIP yang merupakan bagian dari Derpartemen Industri dan Teknologi Cina. Mereka telah memilih Ubuntu sebagai "referensi dasar" yang nantinya akan digunakan untuk menyediakan sebuah standar sistem operasi yang fleksibel, terbuka, digunakan secara luas.

Pengumuman ini juga merupakan salah satu bagian dari program lima tahunan yang dilakukan Pemerintah Cina guna mempromosikan software open source dan meningkatkan perkembangan ekosistem software open source di negara tersebut.

"Selain itu, CSIP, Canonical, dan Universitas Nasional Teknologi Pertahanan (NUDT) telah membentuk sebuah tim Inovasi Open Source gabungan di Beijing. Yang nantinya akan berfokus untuk pengembangan dari versi ubuntu berbasis dekstop dan cloud." Seperti yang dikatakan oleh Canonical pada situsnya.

Jane Silber, CEO dari Canonical mengatakan, "Kerja sama ini akan membawa investasi lokal dan partisipasi untuk memastikan bahwa platform itu relevan untuk pasar Cina, dan koordinasi yang erat dengan proyek global Ubuntu memastikan bahwa itu telah familiar dengan vendor-vendor software dan hardware, dan berguna untuk produk ekspor yang dibuat oleh perusahaan Cina juga."

Distro yang dihasilkan dari sekma diatas nantinya akan bernama Ubuntu Kylin yang akan keluar pada bulan April 2013 nanti.

Karena OS tersebut merupakan open source, (mungkin) sepertinya akan cukup sedikit kemungkinan terciptanya bug dikarenakan pengawasan dari komunitas ubuntu yang telah tersebar diseluruh dunia. Membuat terdeteksinya sebuag bug menjadi sangat efektif.

Di situs tersebut memberitahukan fitur baru di setiap versi yang nantinya dirilis, ini berarti juga bahwa nantinya dukungan terhadap Kylin ini akan terus dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Mengingat ini merupakan Distro Dasar yang nantinya akan digunakan di cina.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Judul: "Ubuntu Dipilih Jadi OS Standar Nasional China"
Ditulis oleh Rasma Adhi

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baku dan sopan, hargai orang lain. Serta bagikan informasi ini bila bermanfaat.

Komentar Terakhir