3 Masalah Hardware Penyebab Komputer Mati Mendadak

Dimuat Oleh Rasma Adhi Rabu, 25 September 2013 16 komentar
Komputer yang mati mendadak tanpa sebab memang kadang menjengkelkan, apalagi jika tak kunjung dapat menemukan penyebabnya. Masalah komputer mati secara tiba-tiba / mendadak ini bisa disebabkan oleh 2 faktor yakni hardware dan software. Nah, yang akan diulas pada artikel kali ini adalah faktor hardware yang bisa anda baca dibawah ini :

1. Overheating / Temperatur yang tinggi

Tingginya temperatur pada proccessor dapat menyebabkan komputer mati secara tiba-tiba. Ini dimaksudkan untuk melindungi komponen-komponen komputer agar tidak terbakar oleh suhu yang tinggi sehingga dapat menghindari kerusakan komponen yang lebih parah.

Langkah perawatannya adalah :
Lakukan perawatan sistem pendingin komputer (Heatsink) anda secara teratur, bersihkan debu-debu yang menempel serta ganti thermal-pasta dengan yang baru bila sudah kering. Pertimbangkan juga untuk menggunakan Heatsink yang lebih baik.

2. PSU atau Power Supply yang bermasalah

Tidak stabilnya voltase yang dihasilkan oleh power supply dapat memicu komputer untuk restart atau bahkan mati dengan sendirinya. Kenapa ? karena pada saat restart sebenarnya PC menunggu agar voltase yang dihasilkan oleh PSU ini menjadi stabil terlebih dahulu dengan cara membaca sinyal PG yang ada pada PSU, sehingga aman untuk komponen-komponennya. Namun, lain ceritanya bila PSU anda memang bermasalah maka PC akan restart secara berulang-ulang atau mati dengan sendirinya.

Maka dari itu, belilah Power Supply yang memang benar-benar bagus dari segi spesifikasi dan harga. Beberapa brand yang dikenal memproduksi PSU dengan kualitas yang baik dan dijual di indonesia diantaranya adalah Seasonic, Xigmatec, Corsair, Thermaltake, SilverStone, Amacrox, Super Flower, Rosewill dsb.

Hati hati dengan PSU yang asal jadi (abal-abal) !
karena biasanya pada PSU ini tidak disertakan sensor voltase (sensor PG) sehingga berapapun voltase yang di hasilkan PSU ini akan mengeluarkan sinyal PG palsu sehingga komputer akan berfikir bahwa voltase yang dihasilkan oleh PSU sudah stabil (padahal kenyataanya lain). Hali ini akan menyebabkan komponen komputer anda seperti mainboard, hard-disk, graphic-card dan lainya cepat rusak atau bahkan terbakar.

3. Rusaknya Memory / RAM

Memory adalah sebuah perangkat penting, tanpa memory maka mustahil komputer bisa digunakan (kecuali memang ada penemuan teknologi terbaru setelah artikel ini ditulis). Gejala yang sering timbul disebabkan oleh memory yang bermasalah ini biasanya adalah komputer sering mengalami kegagalan sistem dan crash, restart dan mati secara tiba-tiba.

Untuk mengetahui apakah memory bermasalah kita bisa menggunakan tools memori diagnostik seperti Memory Diagnostics Tools yang terdapat pada Windows atau Memtest pada untuk Linux dan Mac. Bila memang terdapat indikasi masalah sebaiknya ganti memory anda dengan yang baru.

Setidaknya 3 Masalah diatas adalah salah satu penyebab utama mengapa komputer anda mati mendadak. Maka dari itu perhatikan tingkat kesehatan hardware komputer anda, sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan hardware yang lebih parah.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Judul: "3 Masalah Hardware Penyebab Komputer Mati Mendadak"
Ditulis oleh Rasma Adhi

16 komentar:

arya mengatakan...

makasih gan info nya,

Iyan Riana mengatakan...

Nah, saya curiga dengan power supply yang mohon maaf "abal-abal" itu. Btw makasih sharingnya bro.

Rasma Adhi mengatakan...

sama-sama, semoga membantu.

Anonim mengatakan...

makasih info nya gan,,,sangat membantu bagi pemula seperti saya

Agen Bola Online mengatakan...

think gan Info na..................... ini baru bermanfaat info na.....

Unknown mengatakan...

Boss mohon solusinya komputer ane kalo lagi nyala bila mesin gergaji hidup komputer ny malah mati tapi listrik rumah mashnnyala ,,knpa ya?,,,apa tegangan mesin gergaji di ane gedebikin komputer ane mati sndri

Rasma Adhi mengatakan...

@yamin Sky bisa jadi voltase/tegangannya tidak stabil.

Unknown mengatakan...

gan, komputer saya tiba tiba aja mati sendiri.
trus aku cabut colok kabel power nya sampai beberapa kali baru mau hidup kembali.
kira2 masalahnya di Power supply atau dimana ya gan?
mohon infonya ni gan .

Rasma Adhi mengatakan...

@Mei Dwi point 1 dan 2 kemungkinan bisa ikut andil dalam kasus Mei.

Unknown mengatakan...

pak pc saya suka mati menda-dak tapi kalau di diamkan suka nyala lagi.... di tengah-tengah kerjaan suka mati sendir...

Rasma Adhi mengatakan...

@SMK WIGUNA silahkan baca lagi point 1.

Walidin mengatakan...

emang betul gan,.over heat menyebabkan prosesor stagnan dan mati total.

Sebagai tambahan
Sementara virus memperbanyak proses secara otomatis yang akan memakan resource pada ram dan rosource sehinga akan menyebabkan komputer mati mendadak

Rasma Adhi mengatakan...

Thx mas tambahannya @#walidin.net

desy mengatakan...

Kalau dari pengalaman komputer saya yang suka mati sendiri ternyata fan komputernya mati tetapi setelah diganti dengan yang baru aman - aman aja dan ga pernah mati lagi :)

Unknown mengatakan...

mas mau tanya pc saya klo menjalankan program suka berdengung kencang dan tiba2 mati sendiri itu masalahnya dimana ya.. mohon pencerahannya... thx before

Ak teknik mengatakan...

mas saya mau nanya kalau komputer sering mati mendadak kenapah ya...?

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baku dan sopan, hargai orang lain. Serta bagikan informasi ini bila bermanfaat.

Komentar Terakhir