Tips Menjaga Baterai Laptop Tetap Awet

Dimuat Oleh Rasma Adhi Senin, 16 September 2013 0 komentar
Baterai laptop | tips menjaga baterai laptop tetap awet
gambar oleh Rasma Adhi
Tidak bisa dipungkiri bahwa di jaman sekarang ini kita memang tidak bisa lepas dari komputer dalam hal ini adalah Laptop/Notebook baik guna menunjang pekerjaan, mencari informasi, hiburan, dan sebagainya. Namun, seperti perangkat elektronik pada umumnya kita pasti akan menjumpai suatu masalah mulai dari yang ringan hingga yang parah.

Nah, salah satu yang populer terjadi hampir pada semua laptop adalah baterai laptop yang drop atau daya yang cepat habis. Memang sekarang ini hampir semua laptop menggunakan baterai berjenis Lithium-ion yang konon katanya mampu bertahan hingga 2-3 tahun atau setidaknya 300-800 siklus pengisian. Tetapi, bila itu tidak di imbangi dengan cara pemakaian yang benar tentunya akan lain jadinya. Untuk meminimalisir hal tersebut, berikut ini saya mempunyai beberapa tips untuk menjaga baterai laptop agar tidak mudah drop.


Perhatikan Suhu Laptop


Seperti halnya masalah umum pada perangkat elektronik. Temperatur yang terlalu tinggi dapat menyebabkan performa baterai kita menurun. Letakan laptop pada media datar yang keras seperti meja agar sirkulasi udara tetap terjaga sehingga temperatur dapat di tekan, gunakanlah Cooling Pad bila perlu.

Atur konfigurasi daya laptop seefisien mungkin

Konfigurasi daya yang efisien dapat meningkatkan ketahanan baterai kita. Aturlah kecerahan layar dan volume audio, serta matikan perangkat-perangkat yang tidak digunakan seperti wifi dan bluetooth. Jangan biasakan membiarkan perangkat yang "nganggur" tetap menyala begitu saja.

Pastikan tegangan listrik stabil

Tegangan listrik yang tidak stabil dapat merusak hampir segala jenis perangkat elektronik, termasuk baterai laptop.

Jangan tunggu hingga daya baterai habis (0-5%)

Segera lakukan pengisian bila daya baterai kita tersisa 10-15%. Jangan tunggu hingga notifikasi baterai habis keluar atau bahkan hingga laptop kita mati dengan sendirinya. Lebih baik lakukan pengisian sebelum baterai habis dari pada mengisinya setelah benar-benar habis (kecuali jika anda ingin melakukan kalibrasi baterai).

Perhatikan kebersihan konektor baterai kita

Segeralah bersihkan konektor baterai kita bila kotor dengan menggunakan kain halus yang dibasahi alkohol secara hati-hati. Konektor yang kotor dapat mengganggu arus daya dari baterai ke laptop.

Ketika menggunakan daya dari listrik (non baterai) sebaiknya baterai di lepas atau tetap dipasang ?

Untuk hal ini tentu mempunyai dampak positif & negatif, diantaranya yang perlu kita pertimbangkan adalah :
  1. Bila melepas baterai dan menggunakan daya langsung dari listrik melalui charger (non baterai) maka,
    Dampak Positifnya :
    - Melindungi siklus isi-ulang.
    - Suhu baterai cenderung rendah (memperlambat proses penuaan).
    Dampak Negatifnya :
    - Kehilangan fungsi "cadangan daya" dari baterai, sehingga laptop dapat mati tiba-tiba bila daya hilang/habis.
  2. Bila membiarkan baterai terpasang saat melakukan pengisian maka,
    Dampak Positifnya :
    - Baterai bisa berfungsi sebagai daya cadangan sewaktu-waktu listrik tiba-tiba mati.
    - Lebih simpel karena tidak terganggu oleh kabel dari charger.
    Dampak Negatifnya :
    - Kehilangan sebagian siklus isi ulang.
    - Adanya kemungkinan temperatur yang tinggi.

Lebih baik hibernate dari pada sleep/standby

Meninggalkan laptop kita dalam mode sleep/standby dalam kurun waktu yang agak lama dapat mengakibatkan daya baterai tetap terkuras walau kita tidak memakainya, karena laptop tetap hidup dalam mode ini.

Lain halnya bila kita mengaturnya kedalam mode hibernate maka laptop akan benar-benar mati tetapi sistem operasi akan menyimpan history kita kedalam log, sehingga program/aplikasi yang kita jalankan sebelumnya tetap berjalan saat laptop menyala kembali (beda dengan shutdown). 

Perhatikan penggunaan perangkat CD-Room

Perangkat cd-room laptop sekarang ini secara teknis membutuhkan daya yang lebih besar dari pada hard-disk. Menggunakan cd-room terlalu sering tentu akan berefek ke pada daya baterai kita. Pastikan cd-room kita kosong bila tidak digunakan.

Kinerja mempengaruhi daya

Perhatikan juga program maupun aplikasi yang anda gunakan. Terlalu banyak program yang kita jalankan tentu laptop akan bekerja lebih keras, kerja yang lebih keras tentu membutuhkan daya yang lebih pula. Gunakan aplikasi sesuai kebutuhan kita sehingga lebih efisien.


Bagaimanapun juga siring dengan pemakaian, kapasitas dan kemampuan dari baterai itu sendiri akan tetap menurun karena reaksi sudah berjalan pada elemen yang digunakan ketika baterai dibuat dan lambat laun hingga baterai rusak. Tetapi, tips-tips diatas dapat membantu kita untuk setidaknya memaksimalkan kemampuan dan ketahanan dari baterai itu sendiri.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Judul: "Tips Menjaga Baterai Laptop Tetap Awet"
Ditulis oleh Rasma Adhi

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baku dan sopan, hargai orang lain. Serta bagikan informasi ini bila bermanfaat.

Komentar Terakhir