Bahaya Fasilitas Hotspot di Tempat Umum : 7 Tips Keamanan bagi Anda

Dimuat Oleh Rasma Adhi Minggu, 17 Maret 2013 0 komentar
Menggunakan fasilitas Hotspot atau WiFi merupakan cara yang cukup praktis untuk mengakses internet, baik melalui laptop atau smartphone. Tapi pernahkah anda menyadari resiko yang terkandung di balik semua itu ? Berikut ada 7 Tips Keamanan bagi anda pada saat menggunakan fasilitas Hotpsot di tempat-tempat umum yang dapat bermanfaat.

Selalu Gunakan Firewall-mu 

Disaat kita terkoneksi ke jaringan baik itu lokal maupun interlokal, peran Firewall sangat dibutuhkan guna mem-Filter transmisi data antara komputer anda dengan perangkat lain dalam lingkup jaringan tersebut.

Gunakan VPN (Virtual Private Network)

VPN memungkinkan komputer untuk melakukan transmisi data (send & recieve) pada jaringan umum (public network) dengan menggunakan kebijakan keamanan dan manajemen dari jaringan personal (private network).

Gunakan File & Printer Sharing Seperlunya

Bagaimanapun juga, mengaktifkan fitur ini pada jaringan umum dapat memberikan celah keamanan pada komputer anda dari akses luar yang tidak diinginkan, sebagai contoh : ada seorang hacker yang telah terkoneksi pada hotspot di sebuah kafe yang sama dengan anda, maka bukan tidak mungkin si hacker ini dapat mencuri data dari anda melalui celah ini.

Maka sebaiknya nonaktifkan fitur ini disaat anda sedang dalam jaringan umum (public network) sehingga dapat meminimalisir akses pihak luar terhadap komputer anda.

Usahakan untuk Menggunakan koneksi SSL / HTTPS

Membuka situs ter-Enkirpsi dapat mengurangi resiko tercurinya informasi yang anda kirim. Misalnya : Saat anda akan login ke dalam akun email atau facebook ternyata anda tidak menggunakan koneksi SSL atau HTTPS, tentu informasi username dan password anda dapat dicuri oleh hacker yang berada dalam lingkup jaringan yang sama dengan anda, bahkan hanya dengan bermodalkan tools seperti Wireshark !.

Jadi sangatlah penting anda menggunakan koneksi SSL dan HTTPS ini.

Pastikan anda Menggunakan Hotspot yang Benar

Jangan asal melakukan koneksi pada hotspot tertentu, pastikan nama yang tercantum benar dan bukan merupakan "dummy-hotspot". Dummy-Hotspot ini mungkin sudah di desain sedemikian rupa untuk mencuri segala transmisi data dan informasi yang anda lakukan disaat terkoneksi dalam jaringannya. Namun untuk kasus ini mungkin masih jarang terjadi di indonesia.

Waspadai Orang di Sekitarmu !

Disaat tertentu mungkin anda tidak menyadari jika orang yang sedang berada di dekat anda melihat segala sesuatu yang ada di layar laptop / smartphone anda. Terutama jika sedang melakukan login baik itu email, jejaring sosial, atau bahkan akun tabungan anda !

Aktifkan WiFi anda Seperlunya saja

Terakhir, disaat tertentu anda mungkin tidak perlu lagi terkoneksi ke dalam sebuah jaringan hotspot, maka bila memang sudah tidak membutuhkan koneksi lagi sebaiknya matikan Wifi anda. Disamping dapat mengurangi penggunaan daya batre anda, ini juga dapat saya katakan sebagai "TOP SECURE" karena anda tidak lagi melakukan "outbound & inbound connection" yang berpotensi pada keamanan informasi anda.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Judul: "Bahaya Fasilitas Hotspot di Tempat Umum : 7 Tips Keamanan bagi Anda"
Ditulis oleh Rasma Adhi

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baku dan sopan, hargai orang lain. Serta bagikan informasi ini bila bermanfaat.

Komentar Terakhir