Cara Mudah Remove Autorun.inf dari Drive Anda

Dimuat Oleh Rasma Adhi Kamis, 18 April 2013 7 komentar
Setelah beberapa minggu ini saya tidak sempat menulis artikel baru dikarenakan padatnya kegiatan. Kali ini saya akan share cara mudah remove autorun.inf dari drive komputer kita.

Seperti yang telah diketahui, file autorun.inf adalah sebuah file yang memuat konfigurasi autorun (auto execute) yang digunakan pada sistem operasi Windows. Namun, seiring waktu banyak pihak-pihak yang memanfaatkan kelemahan dari fungsi autorun ini untuk menyusupkan berbagai macam virus/script jahat kedalam komputer kita.

Untuk mencegah hal tersebut dapat di siasati dengan men-disable fitur autorun itu sendiri ataupun menggunakan antivirus yang telah terupdate dan melakukan scaning secara keseluruhan pada komputer dengan begitu virus tersebut dapat di netralisir. Namun di beberapa kasus, tak jarang walau telah di scan tapi file autorun.inf ini masih saja bersarang pada drive komputer yang terinfeksi.

Berikut ini ada beberapa langkah mudah guna menghapus file autorun.inf tersebut yang saya tau dan yang saya temukan di beberapa forum, diantaranya :

Metode pertama
  1. buka command prompt. dengan mengetik "cmd" pada run. Lalu tekan enter.
  2. Ketik "cd\" dan tekan enter untuk menuju root direktori c:\ .
  3. Ketik "attrib -h -r -s autorun.inf" dan tekan enter.
  4. Ketik "del autorun.inf" dan tekan enter.
  5. Ulangi langkah 1-4 untuk drive lainnya, Misalnya, ketik "d:" dan ulangi lagi untuk drive selanjutnya yaitu "e:" dan berlanjut lagi jika masih ada. Lalu restart komputer anda.
  6. Sampai disini file autorun.inf sudah tak lagi ada di drive anda. Selanjutnya anda tinggal melakukan scanning ulang dengan antivirus (saya biasa menggunakan AVG dan Kaspersky dengan database yang ter up-to-date tentunya).
Metode ke dua
  1. Buka Windows Explore, pada menubar pilih Tools--> Folder Options, biasanya ada diantara menu : File, Edit, View, Favourites.
  2. Akan keluar jendela baru bernama Folder Options. Lansung saja ke View tab dan pilih opsi yang berbunyi : Show hidden files and folders. Lalu hilangkan tanda centang pada list Hide protected Operating system files. Dan Klik Ok
  3. Sekarang buka setiap drive partisi anda (dengan cara klik kanan dan pilih Explore. Jangan Double Klik!) Hapus file bernama autorun.inf dan MS32DLL.dll.vbs atau MS32DLL.dll (jika ada), pastikan menghapusnya secara permanen (shift+del enter).
  4. Buka folder C:\WINDOWS lalu jika anda menemukan file bernama : MS32DLL.dll.vbs atau MS32DLL.dll, pastikan untuk menghapus kedua file tersebut (secara permanen tentunya).
  5. Buka start --> Run --> Regedit lalu jendela registry editor akan muncul.
  6. Lalu navigasikan ke lokasi berikut : HKEY_LOCAL_MACHINE --> Software --> Microsoft --> Windows --> Current Version --> Run. Dan jika anda lagi-lagi menemukan entri bernama : MS32DLL, pastikan untuk menghapusnya (dengan menekan tombol delete pada keyboard).
  7. Lalu buka Group Policy Editor dengan cara mengetikan gpedit.msc pada run.
  8. Navigasikan ke : User Configuration --> Administrative Templates --> System . Temukan entri yang berbunyi Turn Off Autoplay lalu double klik, dan jendela baru akan muncul. Lalu, Atur Seperti ini :
    Pilih Enabled
    Pilih All drives
    dan Klik OK
  9. Sekarang pilih start --> Run, ketik msconfig dan tekan Enter. Sebuah jendela konfigurasi akan muncul.
  10. Pilih tab startup dan hilangkan tanda check pada MS32DLL. Dan klik ok (jika muncul opsi untuk restart sistem, pilih no dulu).
  11. Selanjutnya atur kembali konfigurasi pada Folder Option tadi dengan cara seperti sebelumnya : Tools --> Folder Options dan pilih Do not show Hidden files dan centang list yang berbunyi Hide operating system files.
  12. Langkah 12, kosongkan recycle bin anda (sebagai antisipasi saja).
  13. Lalu restart komputer anda.
Tips
Kadang saat melakukan delete melalui cmd akan muncul pesan error : "file not found autorun.inf" atau "file not found MS32DLL.dll/MS32DLL.dll.vbs". Jika muncul pesan tersebut maka simpel saja, berarti tidak ada file bernama autorun.inf pada drive tersebut maka lanjutkan ke drive yang lainya dan seterusnya.

Peringatan!
Setelah selesai melakukan langkah diatas, segera restart komputer anda. Lalu lakukan Scanning keseluruhan dengan antivirus yang anda gunakan.

Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan lihat pada artikel cara mudah menonaktifkan autoplay pada windows 7 dan windows 8.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Judul: "Cara Mudah Remove Autorun.inf dari Drive Anda"
Ditulis oleh Rasma Adhi

7 komentar:

PARTONO mengatakan...

Terima kasih informasinya
membantu menghilangkan autorun di f disk saya

Rasma Adhi mengatakan...

sama-sama :D
senang sekali rasanya bisa membantu.

Anonim mengatakan...

Itu klo autorun nya ada di Drive D .. cara nge hapusnya gimana broo ??

Rasma Adhi mengatakan...

jika file autorun.inf ada di drive D, sebelum melakukan delete pindah dulu lokasi drivenya ke D dengan mengetik perintah "d:" (tanpa tanda kutip), setelah itu baru tuliskan perintah penghapusanny.

ahmad suhaimi mengatakan...

CMD'a ta pungsi ta mau menampilkan pail autorun...

Anonim mengatakan...

tolong nih..sudah saya lakukan metode 1 sepeerti diatas,namun saat didelete dikatakan invalid ms-dos..ditunggu jawabannya..makasih..

JUNAIDI EDO"X mengatakan...

knp bro sy hpus folder autorun.inf dng pnduan diatas tidak bisa.. ket: di protek smadav klau di hapus manual

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baku dan sopan, hargai orang lain. Serta bagikan informasi ini bila bermanfaat.

Komentar Terakhir