10 Tips Melindungi Komputer Kita Dari Virus & Kawan-kawan

Dimuat Oleh Rasma Adhi Selasa, 17 September 2013 1 komentar
Virus virus virus, Ya ! Bagi halayak pengguna komputer memang sudah sangat familiar, virus juga selalu menjadi momok. Apalagi penyebarannya yang begitu cepat dan mudah dikarenakan perkembangan teknologi sekarang ini yang menuntut semua perangkat komputer untuk dapat saling terhubung dan saling berbagi informasi satu sama lain.

Dari merusak sistem hingga mengilangkan data penting pun bisa dilakukan oleh virus walaupun kebanyakan kasus yang terjadi tidak separah itu. Nah guna mensiasati agar komputer kita tidak mudah terinfeksi oleh virus, berikut ini saya memiliki beberapa tips.

1. Gunakan Antivirus dan pasitkan selalu terupdate

Perlindungan yang utama ialah memasang Antivirus pada komputer kita, ada banyak sekali antivirus-antivirus yang bisa kita gunakan mulai dari yang gratis hingga berbayar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu virus-virus baru pun akan muncul sehingga sangat penting untuk selalu meng-update database dan versi dari Antivirus yang kita gunakan agar si antivirus bisa mengenali virus-virus baru tadi.

2. Hati hati dengan e-mail dengan sumber yang tidak jelas

Sebuah aturan yang sederhana, jika kita tidak benar-benar yakin atau bahkan tidak tau siapa pengirim e-mail tersebut, maka lebih baik jangan terlalu bernafsu untuk membuka e-mail tersebut. Bisa jadi e-mail tadi berisi spam atau bahkan link-link berbahaya yang bisa merusak sistem atau mencuri data-data pribadi kita.

3. Jangan sepelekan firewall

Hampir semua sistem operasi komputer saat ini memiliki firewall yang berfungsi sebagai filter lalu-lintas data antara komputer dengan dunia luar (internet misalnya). Membiarkan firewall sistem komputer kita mati adalah sama halnya dengan membiarkan rumah kita berdiri tanpa tembok yang melindungi kita dari berbagai macam ancaman dari luar rumah.

4. Jangan terbiasa melakukan sharing data menggunakan jaringan umum (misal: hotspot di area umum)

Membiarkan akses terhadap komputer anda di jaringan umum seperti hotspot restoran, warnet, kafe dan sebagainya sangat beresiko tinggi. Untuk lebih jelasnya pelajari artikel tentang bahaya hotspot ditempat umum.

5. Usahakan untuk mengupdate Sistem Operasi kita secara teratur

Faktor dari dibuatnya virus adalah karena ada celah pada sistem operasi itu sendiri, untuk mencegah hal ini para raksasa pencipta sistem operasi selalu menyediakan layanan update yang bisa kita download untuk menutup "celah" yang ada pada sistem kita.

6. Lebih baik nonaktifkan fitur autoplay pada Sistem Operasi Windows

Mematikan fungsi autoplay/autorun pada windows setidaknya bisa mengurangi resiko komputer kita terjangkit virus yang memanfaatkan celah ini (misal: ramnit, sality, virus-annie.ani dsb). Untuk penjelasan lebih lanjut pelajari artikel mengenai langkah menonaktifkan fitur autoplay pada windows atau artikel tentang bagaimana menghilangkan virus yang bekerja berdasarkan dari file bernama autorun.inf.

7. Hindari melakukan double-click saat membuka data pada flashdisk/drive eksternal kita

Untuk mengurangi resiko meng-eksekusi/menjalankan induk virus yang ada didalam folder secara tidak sengaja, ada baiknya kita biasakan untuk menggunakan panel file explore pada bagian kiri.
hindari melakukan double klik, biasakan menggunakan panel sebelah kiri

8. Membodohi virus dengan membuat dummy folder bernama autorun.inf pada flashdisk/drive eksternal kita

Untuk beberapa kasus infeksi virus yang memanfaatkan celah autoplay pada windows dapat kita siasati dengan membuat folder bernama autorun.inf pada flashdisk ataupun pada partisi-partisi di drive eksternal kita. Cara ini setidaknya bisa mencegah virus untuk membuat file autorun.inf-nya sehingga siklus infeksi dapat di putus. Smadav menggunakan cara yang sama untuk pencegahan pada removable drive (flashdisk, eksternal drive dsb).

9. Jangan lupa untuk melakukan scan pada flashdisk/drive eksternal sebelum digunakan

Biasakanlah untuk melakukan scanning terhadap drive yang akan anda buka (flashdisk/drive eksternal dsb). Bila kita terlalu malas untuk melakukan langkah ini, sekarang ini banyak antivirus-antivirus yang telah menambahkan fitur autoscan.

10. Curigailah file/program yang tiba-tiba muncul pada komputer kita

Bila tidak yakin/ingat atau bahkan tidak tau-menahu asal muasal dari sebuah file/program yang tiba-tiba hadir di komputer kita, sebaiknya jangan gegabah untuk membukanya. Ada baiknya lakukan scan dan analisa file tersebut dengan memperhatikan propertinya (misal:tanggal dibuat, ukuran, nama file/program, dsb).
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Judul: "10 Tips Melindungi Komputer Kita Dari Virus & Kawan-kawan"
Ditulis oleh Rasma Adhi

1 komentar:

walidin mengatakan...

tida mengaktifkan firewall dan doble klik dari pengguna flashdisk yang paling sering saya temukan sama komputer laptop teman saya mas. Bentar-bentar kena virus.

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baku dan sopan, hargai orang lain. Serta bagikan informasi ini bila bermanfaat.

Komentar Terakhir